10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi karena masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun judul konten sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir ranking webnya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs anda sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (jika anda menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.

kalian malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, sobat lagi membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Contoh lagi jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, anda dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking di konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Jika harus, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, tambah mantap peluang Google mengindek konten anda sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel