10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di page one tetap digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk suatu postingan.

kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lain jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, anda bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau harus, kamu juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel anda menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel