10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka menjelajahi situs kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per post malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web anda sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.

anda malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda sedang menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja crawling di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kawan download tersebut. Kalau bisa, anda juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai konten yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "10 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel