10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun karena masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena selain kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah membantu visitor maka silahkan saja.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari suatu postingan.

kalian malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.

Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling pada konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan download itu. Kalau harus, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel anda sebagai postingan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kalian menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel