Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun karena masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun teknik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah membantu visitor maka silahkan saja.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

kalian malah harus waspada jika seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu lagi menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa merajai page one.

0 Response to "Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel