Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin masukkan sebagai poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka surfing blog sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu user sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah tulisan.
sobat malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu lagi membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kawan bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Jika perlu, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang canggih
Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan