Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat gagasan terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada artikel itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Jika perlu, anda juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan anda sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel