10Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi karena masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.
Ini harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Mungkin kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan menjual sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.
anda malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kamu lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Jika bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi karena masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Mungkin kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan menjual sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.
anda malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kamu lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.
11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Jika bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat konten yang modern
Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.
0 Response to "10Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan