Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kawan sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian merekomendasikan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kawan sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, anda dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja indeking di halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang anda unduh itu. Jika perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat segera bersaing di SERP.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kawan sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian merekomendasikan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kawan sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu artikel.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, anda dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja indeking di halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang anda unduh itu. Jika perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Membuat konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan