Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Jika judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.

anda malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika anda bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk  Adsense

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking di konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu menjadikannya artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel