Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau judul yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

kamu malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kalian lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika anda dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan sobat cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel