10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah tulisan.

kamu malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kawan lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan indeking di konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya konten yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten unik dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel