Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika anda merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.
kawan malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kalian sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, anda dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan indeking di tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang kalian download itu. Kalau perlu, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang sobat isi, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat merajai page one.
Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika anda merekomendasikan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.
kawan malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kalian sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, anda dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan indeking di tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang kalian download itu. Kalau perlu, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat isi, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat merajai page one.
0 Response to "Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan