Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan dalam poin dasar karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

  Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul sobat kaku dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

  Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

  Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.

sobat malah kudu waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

  Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

  Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke robot yang melakukan crawling pada artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel