Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kita, meski tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, anda lagi membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan crawling di konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Jika bisa, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten anda cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel