12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau konten yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

kamu malah kudu waspada jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking pada konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai tulisan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel