Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu postingan.

anda malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking di halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat download tersebut. Jika harus, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "Cara Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel