9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika anda mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.

kalian malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lain jika anda menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja crawling pada halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika harus, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat isi, tambah mantap peluang Google mengindek artikel sobat sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Ragam Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel