Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi karena masih merajai di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka surfing situs sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kawan sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari suatu postingan.

kawan malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan lagi menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan image yang kawan download tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin besar peluang Google mengindek artikel anda menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel