16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kalian sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu artikel.

anda malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, kawan lagi menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kamu bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja crawling di konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel