Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dibuat master Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin masukkan sebagai poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat menjual produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.
anda malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kamu lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan pokok paling penting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu postingan.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan indeking di halaman tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Membuat artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan