12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun sebab masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul kamu kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

sobat malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu sedang menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau sobat bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda memakai image dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap peluang Google mengindek konten kamu sebagai postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel