Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi karena masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka surfing blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai untuk sebuah tulisan.

kalian malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

Contoh lain kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada halaman tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian berikan, tambah besar peluang Google mengindek konten kalian sebagai konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel