12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Seringkali artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi karena masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun ide tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.
anda malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kawan sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang anda download itu. Jika bisa, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten kamu sebagai tulisan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Inonasi Keyword ini membuat konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat merajai page one.
Seringkali artikel yang dibagikan juga telah outdated, tetapi karena masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Misalnya contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun ide tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.
anda malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kawan sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang anda download itu. Jika bisa, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten kamu sebagai tulisan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Inonasi Keyword ini membuat konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat merajai page one.
0 Response to "12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan