Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat master Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat blog sobat sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu postingan.

kamu malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kalian lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Contoh lagi kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kalian dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja indeking pada konten itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, pastikan mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Jika bisa, kawan juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan sobat cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel