16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan dalam poin dasar karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing situs kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

kalian malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, anda lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar lebih mudah, kawan bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja indeking di konten itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang kalian download itu. Kalau perlu, anda juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bersaing di page one. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel