Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Terkadang artikel yang dibagikan juga telah outdated, namun hanya akibat masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
anda malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Jika perlu, sobat juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kamu sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang dibagikan juga telah outdated, namun hanya akibat masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
anda malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Jika perlu, sobat juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kamu sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Menciptakan artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Adsense"
Catat Ulasan