12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing situs sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu postingan.

kamu malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, anda sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung silau dan langsung pergi karena artikel yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja indeking pada artikel tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan sobat sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel