Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi karena masih ada di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kalian mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.
anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, kamu dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kalian download itu. Jika harus, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa merajai page one.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi karena masih ada di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kalian mengenalkan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.
anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, kamu dapat menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kalian download itu. Jika harus, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly"
Catat Ulasan