9Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari suatu website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan merekomendasikan produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
kamu malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau anda dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, pastikan merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika harus, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai postingan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa merajai page one.
Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari suatu website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan merekomendasikan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
kamu malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau anda dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, anda bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, pastikan merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika harus, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai postingan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat konten yang modern
Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa merajai page one.
0 Response to "9Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan