9Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah expired, namun karena masih ada di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.
Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide konten karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu kurang efektif.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
sobat malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.
Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan pokok terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten itu.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Kalau perlu, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.
Terkadang tulisan yang dibagikan juga telah expired, namun karena masih ada di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide konten karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu kurang efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
sobat malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Contoh, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.
Tapi pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan pokok terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten itu.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Kalau perlu, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.
0 Response to "9Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan