9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau kamu pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi trik tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kalian sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama anda menjual sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.

kalian malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kawan sedang menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kalian menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang sobat download tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai tulisan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat tulisan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel