9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah expired, tetapi sebab masih nongkrong di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.

sobat malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, anda sedang membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan crawling di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan image yang kalian download tersebut. Jika bisa, kawan juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kalian sebagai artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan konten anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel