9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun karena masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin masukkan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan tidka menyatu dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.

anda malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat sedang membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada halaman yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika perlu, kalian juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan sebagai konten yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa merajai page one.

0 Response to "9 Trik Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel