9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi sebab masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dari ahli Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat membuat backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut ranking webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

kamu malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, anda lagi menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lagi kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel