Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih ada di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita masukkan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan mengenalkan produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
anda malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.
Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang di bidik saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di tulisan yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, pastikan mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Jika perlu, anda juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan anda sebagai tulisan yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan sobat hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.
0 Response to "9 Cara Membuat Konten Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan