9 Tutorial Membuat Konten Yang SEO Friendly

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik penulisan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari suatu postingan.

kalian malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan gagasan paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 9 Tutorial  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di tulisan yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan image yang sobat unduh itu. Jika perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kamu sebagai postingan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tutorial Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel