9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu artikel.

sobat malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu sedang menulis tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau anda dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking di halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan image yang kawan download itu. Kalau bisa, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mantap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel