16Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :
Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.
anda malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kamu lagi menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu postingan.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan indeking di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin dasar karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.
anda malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kamu lagi menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu postingan.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, anda bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan indeking di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat artikel anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan
Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "16Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan