10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Solusi untuk hal itu.

Kalau Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Jika judul Anda kaku dan tidak menarik saat dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per artikelnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika anda menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah tulisan.

kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lain kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kamu menjadikannya konten yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.

Variasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "10 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel