16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu artikel.
anda malah harus waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, anda sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja crawling di tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan image yang anda unduh tersebut. Jika harus, kamu juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai postingan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu artikel.
anda malah harus waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, anda sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja crawling di tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan image yang anda unduh tersebut. Jika harus, kamu juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai postingan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang modern
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa merajai page one.
0 Response to "16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata..."
Catat Ulasan