12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan dalam poin pertama karena kami pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking blognya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.

kawan malah harus waspada jika seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Misal, anda lagi membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten anda bisa merajai page one.

0 Response to "12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel