16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih ada di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Mungkin kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs anda sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kalian lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau harus, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan sebagai artikel yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini membuat artikel kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel