16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi sebab masih ada di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang menarik namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat judul konten sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Kalau judul sobat kaku dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat blognya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kalian menjual produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

anda malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kamu lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lain jika anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Trik Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada konten tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image dari Google, pastikan mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Jika bisa, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel