12 Tips Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari master Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan dalam poin paling penting karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel malah membantu visitor maka silahkan saja.

 12 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 12 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika sobat menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.

kalian malah kudu waspada jika seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Tapi dalam prakteknya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Tips  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan indeking di artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kawan download tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, tambah mantap peluang Google mengindek artikel anda menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang admin buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel