16 Trik Membuat Konten SEO Friendly
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan ketika menyusun ide konten sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Maksud admin adalah tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan merekomendasikan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu tulisan.
kalian malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking pada halaman yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kamu memakai image berasal dari Google, pastikan merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika harus, kamu juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu menjadikannya konten yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan ketika menyusun ide konten sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kawan merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu tulisan.
kalian malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking pada halaman yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kamu memakai image berasal dari Google, pastikan merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika harus, kamu juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu menjadikannya konten yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih
Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Trik Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan