10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita masukkan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu menjual produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika perlu, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu sebagai artikel yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita masukkan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu menjual produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika perlu, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu sebagai artikel yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.
0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"
Catat Ulasan