16 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Banyak trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.
kamu malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kawan sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang anda berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
Banyak trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.
kamu malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kawan sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu konten.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda berikan, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
0 Response to "16 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan