15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan user maka silahkan saja.

 15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, anda lagi membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kamu bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja indeking pada konten yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai image berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan anda hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel