16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras menulis konten panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per post malah membantu visitor maka silahkan saja.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kamu sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.

anda malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kalian sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kamu dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling pada konten itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang anda download tersebut. Jika perlu, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel anda sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa merajai page one.

0 Response to "16 Tips Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel